| | Sun CLOSED | Layanan 24 jam Aitam - 085729209555 / 082243448222

AITAM FOOD; Program Dukungan Infak Permakanan Untuk Yatim

20181010_095112_0001
0

Bentuk rasa syukur atas nikmat sehat yang Allah subhanahu wata’ala karuniakan kepada kita adalah menggunakan badan yang sehat untuk lebih giat beribadah, beramal sholeh dan merawat diri atau tubuh agar tetap sehat. Adapun salah satu cara agar tubuh tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna setiap hari. Mengapa harus empat sehat lima sempurna?

Makanan empat sehat lima sempurna membantu mencukupi kebutuhan protein, lemak, vitamin , dan dzat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Sehingga seseorang memiliki energi yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitasnya. Tersedianya energi  yang cukup juga akan menjadikan seseorang menjadi lebih bersemangat dan mudah berkonsentrasi dalam menjalani setiap aktivitas.

Oleh karenanya, kebutuhan makan empat sehat lima sempurna merupakan kebutuhan mutlak bagi setiap manusia. Tetapi sayangnya tidak setiap orang bisa memenuhi kebutuhan makan empat sehat lima sempurna setiap hari. Seringkali apa yang dimasukkan ke dalam tubuh tidak seimbang dengan energi yang harus dikeluarkan dalam satu hari. Hal ini terjadi salah satunya karena rendahnya kemampuan ekonomi keluarga, terlebih mereka yang harus kehilangan ayah, sosok pencari nafkah keluarga di usia yang masih kecil.

Beratnya beban hidup yang harus ditanggung, seringkali membuat seseorang tidak memperhatikan asupan gizi  untuk dirinya sendiri maupun anak-anaknya. Karena yang terpenting bagi mereka adalah bisa makan, makanan halal setiap hari itu sudah lebih dari cukup. Dan parahnya lagi di beberapa tempat anak-anak tumbuh dalam keadaan mal gizi atau kekurangan gizi.

Melalui program Aitam Food, yaitu program permakanan untuk anak yatim dhu’afa, Yayasan Aitam Indonesia mengajak bapak, ibu, dan saudara-saudara muslim untuk turut serta berpartisipasi berbagi sedikit rezeki untuk mencukupi kebutuhan makan bergizi anak-anak yatim dhu’afa di Pesantren Aitam Indonesia dan anak-anak yatim dhu’afa binaan Aitam di luar pondok pesantren.

Saat ini terdapat 58 anak yatim di pesantren Aitam yang harus dipenuhi kebutuhan asupan makan empat sehat lima sempurna setiap hari. Anak-anak yatim tersebut terdiri dari usia sekolah dasar sampai dengan usia sekolah menengah atas atau SMA. Mereka selain belajar di sekolah sebagaimana kebanyakan anak pada umumya, mereka juga belajar agama yang terdiri dari 7 mata pelajaran dan  menghafal al qur’an.

Setiap hari atau lebih tepatnya mulai ba’da sholat shubuh sampai dengan pukul 17.00 WIB mereka disibukkan dengan kegiatan belajar mengajar mulai dari materi diniyah/agama sampai dengan materi pelajaran umum dan masih lagi  harus memenuhi target hafalan. Kemudian di malam harinya setelah makan malam dan sholat isyak, anak-anak kembali disibukan dengan kegiatan pondok seperti tilawah jamaah, murajaah sesuai jadwal yang ditentukan, mengerjakan PR, setoran hafalan sampai dengan pukul 22.00 WIB. Untuk dapat melakukan semua kegiatan tersebut tentu mereka membutuhkan banyak energi dan harus didukung dengan fisik yang kuat.

Dan kebutuhan energi  tersebut, sekali lagi bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sepurna. Untuk itu, mari kita dukung perjuangan mereka (anak-anak yatim) dalam belajar dan menghafal al qur’an dengan mendukung program Aitam Food. Yaitu dengan berbagi melalui infak dukungan program sebesar Rp 15.000,- untuk memenuhi kebutuhan makan bergizi 1 anak yatim per 1 hari.  Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).

Memberi tidak akan membuat kita rugi bukan? Sebaliknya justru Allah akan melipat gandakan ganjarannya dan memberikan pahala yang banyak. Mari jadikan sedekah sebagai bagian kebiasaan baik yang tidak boleh kita lewatkan……

Jazakumullah khairan katsiran dan selamat beraktivitas……

Note : Dukungan dapat berwujud bahan pokok, olahan makanan, atau infak dengan transfer ke Rekening BCA, 3920266524 a.n Yayasan Aitam Indonesia

Blog Attachments

Leave us a comment