Posted on Leave a comment

Program Wakaf, Infak Pembangunan Gedung Untuk Yatim

Setiap anak pasti mendambakan keluarga yang utuh, setiap anak pasti ingin tumbuh dan berkembang dengan cinta dan kasih sayang yang cukup dari kedua orang tuanya. Tetapi pada kenyataanya sebagian anak harus kehilangan salah satu atau bahkan kedua orang tuanya disaat usia mereka yang masih kecil. Mereka kehilangan tulang punggung keluarga, mereka kehilangan sosok kuat yang selama ini selalu menjaga dan melindungi mereka.

Inilah yang kemudian mengetuk hati kami, Yayasan Aitam Indonesia untuk mengurus, mengasuh, membina dan mendidik anak-anak yatim. Kemudian semangat kami semakin bertambah seiring dengan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasalam: “Orang yang menanggung (mengasuh) anak yatim miliknya atau milik orang lain, aku dan dia seperti dua jari ini di surga.” Malik (perowi hadits) mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah.” (HR. Muslim). Rasulullah begitu memuliakan anak yatim sehingga Allah subhanahu wata’ala memberikan keutamaan dan pahala besar bagi siapa pun dari kaum muslimin yang mengasuh anak yatim.

Yayasan Aitam Indonesia telah melaksanakan kegiatan pengasuhan, pembinaan dan pendidikan untuk anak-anak yatim secara gratis sejak tahun 2012 lalu. Jumlah anak yang diasuh fluktuatif seiring dengan bertambahnya usia anak, pernah pada suatu ketika jumlah anak yang diasuh mencapai 86 anak dan jumlah anak yang paling ter update per 1 oktober 2018 adalah sebanyak 58 anak.  Lima puluh delapan anak tersebut terdiri dari usia sekolah dasar (SD) sampai dengan usia sekolah menengah atas (SMA)

Anak-anak yatim tersebut dibina dan diasuh dengan sistem pondok pesantren. Adapun pusat pembinaan kami beralamat di Jl. Solo-Semarang KM 4,2, Kalangan, Ngasem, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Dan saat ini kami tengah mengembangkan sarana dan prasarana belajar yaitu berupa penambahan ruang kelas. Mengingat untuk kegiatan belajar mengajar anak-anak yatim di tingkat SMP dan SMA saat ini masih menggunakan ruang seadanya dan belum memiliki fasilitas yang lengkap.

Selain penambahan ruang belajar, saat ini kami juga tengah membangun pondok pesantren Aitam 2 yang beralamatkan di Sogaten, RT 001 RW 007, Desa Ngawen, Kecematan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah. Rencananya pesantren Aitam 2 akan diperuntukkan untuk anak-anak yatim putri. Mengingat saat ini untuk pembinaan anak-anak yatim putra dan putri masih berada dalam satu lokal. Meskipun dalam berbagai aktivitas sudah dipisah tetapi dengan mempertimbangkan usia anak-anak yang terus bertambah dewasa dan adanya celah ruang untuk saling berinteraksi maka pemisahan lokasi pengasuhan dan pembinaan antara putra dan putri dirasa sangat perlu.

Pekembangan pembangunan pesantren Aitam 2 saat ini baru pada tahap pagar pondok, kantor operasional, sumur dan proses mendirikan masjid. Untuk mewujudkan rencana tersebut, yaitu berdirinya pondok pesantren Aitam 2 lengkap dengan fasilitas asrama, sekolah, masjid dan fasilitas lainnya tentu kami sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari bapak, ibu donatur serta dari saudara-saudara muslim semua.

Ini adalah kesempatan yang baik untuk meninggalkan jejak di dunia. Jejak yang akan terus mengirimkan pahala, yaitu dengan menjadi bagian para muwakif pembangunan gedung pesantren 2 di Ngawen dan pembangunan ruang belajar di pesantren Aitam Ngasem, Colomadu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu didoakan orang tuanya.” (HR. Muslim, no. 1631). Sedekah jariyah yang dimaksud dalam hadits tersebut ialah seperti membangun masjid, menggali sumur, mencetak buku yang bermanfaat serta berbagai macam wakaf yang dimanfaatkan dalam ibadah.

Syukron, jazakumullah khairan katsiran kepada seluruh donatur yang telah membantu semoga Allah membimbing kita dalam membelanjakan harta. Dan semoga Allah memberikan jalan selamat dunia akhirat untuk kita……

Info lebih lanjut hubungi 08156710065 (WA/SMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *