| | Sun CLOSED | Layanan 24 jam Aitam - 085729209555 / 082243448222

Setiap dari Kita Bisa Menjadi Pahlawan

IMG-20181107-WA0031
0

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, seperti kata bapak proklamator kita Bung Karno “Negara Yang Besar Adalah Yang tidak melupakan Jas Merah” Artinya tidak akan melupakan sejarah suatu bangsa tersebut. Para pahlawan telah berjuang untuk kemerdekaan negeri ini dengan segenab jiwa dan raga selama berpuluh-puluh dan bahkan beratus tahun. Dengan ksatria ribuan nyawa gugur demi tegaknya NKRI, demi mengibarkan merah putih, dan demi menjadikan pancasila serta undang-undang dasar 1945 sebagai landasan fundamental negara.

Perjuangan para pahlawan yang sedemikian besar itu, tidak selayaknya kita kenang dengan kegiatan seremonial semata. Tanpa kemudian menghayati nilai-nilai perjuangan yang dipesankan oleh para pahlawan, untuk kemudian diambil dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.  Sebagai generasi muda, kita harus mampu memberi makna baru atas tonggak bersejarah kepahlawanan.

Tugas dan tanggung jawab kita sekarang adalah menjaga keutuhan bangsa dan negara kita dan mengisi kemerdekaan dengan membangun serta dapat mewarisi sikap-sikap para pahlawan. Yaitu pribadi yang berani membela kebenaran dan keadilan, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, jujur dan bertanggung jawab, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara/kepentingan umum,  memiliki rasa cinta tanah air dan pantang menyerah, serta memiliki jiwa pengabdian yang tinggi. Sehingga kita bisa menorehkan banyak prestasi, bukan semata-mata untuk mengharumkan nama bangsa tetapi lebih dari itu adalah untuk mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu menjadi negara yang adil, makmur dan sejahtera.

Bentuk rasa terimakasih dan tanggung jawab kita dalam mengisi kemerdekaan ini bisa dimulai dari bidang yang kita sukai atau bidang dimana kita merasa memiliki kemampuan lebih disana.  Semisal dengan menjadi guru yang mendidik dan mengabdi dengan sepenuh hati,  meneruskan perjuangan Ki Hajar Dewantoro yang telah berjasa menjadi tokoh dalam bidang pendidikan untuk mendidik anak-anak bangsa dengan mendirikan sekolah Taman Siswa agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sejajar dengan bangsa lain di dunia. Atau menjadi penegak keadilan hak-hak wanita seperti RA. Kartini, dll

Jangan kotori tanah perjuangan ini dengan tindakan yang terpuji, seperti tawuran, memakai narkoba, minum-minuman keras, seks bebas, merendahkan saudara sendiri, bertindak tidak adil, korupsi dan lain-lain. Kita hidup pada zaman merdeka. Namun, perjuangan belum selesai. Mari menjadi generasi yang ksatria, bertanggung jawab, intelek dan religius, karena setiap dari kita bisa menjadi pahlawan.

Blog Attachments

Leave us a comment