| | Sun CLOSED | Layanan 24 jam Aitam - 085729209555 / 082243448222

PROGRAM AITAM PINTAR

aitampintar
0

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, sholawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada junjungan kita Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dan semoga rahmat dan berkah Allah senantiasa tercurah bagi kita.

Yayasan Aitam Indonesia sebagai lembaga nir laba, senantiasa berusaha  memberikan pengasuhan dan fasilitas pendidikan terbaik bagi anak-anak yatim di pesantren Aitam Indonesia. Karena pendidikan merupakan salah satu pilar utama dan juga merupakan kebutuhan pokok bagi setiap anak, terutama diera kehidupan masa sekarang. Pendidikan juga merupakan alat dalam membentuk karakter anak, yang salah satunya adalah melalui pendidikan agama.

Untuk itu, kami mohon bantuan sponsor dan donasi kepada Bapak/Ibu untuk men-suport berbagai kegiatan tersebut di atas, sehingga program-program yang telah disusun dapat terlaksana dengan baik.

Demikian permohonan kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan SyukronJazakumullahu khairan katsiran.

Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


A. MUQODIMAH

Bekal terbaik yang diberikan orang tua kepada anak adalah ilmu dan keterampilan. Akan tetapi tidak semua anak beruntung bisa melalui proses tumbuh kembangnya bersama dengan kedua orang tua sampai mereka menginjak usia dewasa. Sebagian dari mereka harus melalui proses tumbuh kembangnya tanpa salah seorang atau bahkan mungkin tanpa kedua-duanya. Sebagian anak harus menyandang status yatim di usia yang masih belia.

Dengan kondisi yang demikian maka tugas pendidik menjadi semakin berat, sebab mendidik anak tidak bisa diselesaikan hanya di sekolah, tetapi peran orang tua di rumah juga sangat dibutuhkan. Jika orang tua tidak mengambil perannya sebagai pendidik dan sebagai figur yang bisa diteladani dalam bersikap maka mustahil rasanya bagi anak untuk dapat tumbuh menjadi generasi yang unggul dan berkarakter.

Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi kami, Yayasan Aitam Indonesia untuk senantiasa berusaha memberikan pengasuhan, pembinaan dan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak yatim yang kami asuh. Pendidikan tersebut dimulai dari pendidikan formal di sekolah, kemudian lanjut di pesantren pada sore harinya, dan penyediaan fasilitas belajar lain seperti perpusatakaan, ruang bermain, pelatihan memasak, rebana, dll. Kami berusaha sebaik mungkin agar anak-anak bisa belajar tanpa kehilangan waktu bermainnya, yang dimana sebenarnya itu juga bagian dari proses perkembangan emosional anak-anak melalui interaksi sosial dengan teman-teman bermainnya.

B. BENTUK KEGIATAN

1. Program Diiniyyah
Kegiatan dalam program ini tausiyyah pagi, Madrasah Diiniyyah (Madin), Tahsin Al Qur’an dan Tahfidz Al Qur’an.
2. Program Bi’ah Hasanah
Kegiatan dalam program ini adalah  Ibadah, Akhlaq, Tilaawah Alqur’an dan Qiroo’atul Kutub.
3. Program Lughoh (Bahasa)
4. Program Da’wah
5. Program Fann (seni)
Kegiatan dalam program ini adalah seni kaligrafi, rebana, sastra dan bela diri.
6. Program Riyaadzoh (Olahraga)
Kegiatan dalam program ini adalah sepak bola, badminton, senam, lari.
7. Program Life skill
Kegiatan dalam program ini adalah komputer diberikan setiap hari jum’at malam, kerajinan tangan setiap hari sabtu, enterpreneurship setiap waktu libur, dan memasak setiap hari ahad.
8. Program Sains
9. Program Kemandirian
Kegiatan dalam program ini adalah mencuci alat masak dan makan, memasak, mencuci dan merapikan pakaian, dan membersihkan dan menata kamar dan komplek asrama.
10. Program Rihlah (Refreshing)
Kegiatan dalam program ini adalah outbond, renang, tafakkur alam, dan games.

C. KEPANITIAAN

1. Penanggung Jawab : DR. Muhammad Muinudinillah Basri, MA
2. Dewan Pembina : Muhammad Makmur
3. Pengawas : DR. Pujiyono
4. Ketua : Ahmad Saifudin
5. Sekretaris : Najmudin Shaleh
6. Bendahara : Muhammad Wachid
7. Marketing Support : Iis Astria
8. Fundraising Support : Novendi Heru
9. Event & Empowering : Ayyub, Kentut Sosheh, M. Chairul Huda, Ika Fitri, Eka Nurjana
10. Perlengkapan & Peralatan : Mulyadi, Agus DW, Tedi, dan Kirmadi

D. PENUTUP

Demikian proposal Aitam Pintar Program Pendidikan Anak-anak Yatim Binaan yayasan Aitam Indonesia ini kami susun, guna memberikan gambaran bagi semua pihak. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu bagi terwujudnya rencana ini. Syukron jazakumullahu khairan katsiran

Leave us a comment